Beranda / Informasi / Berita
Pentas Seni Sidogori
Senin 24 Juli 2017

Ngenden- Kekayaan Indonesia yang tak terperi menjadi sebuah amanat besar yang harus kita pikul bersama-sama. Kekayaan tersebut menjadi modal untuk mewujudkan Indonesia yang kuat. Kuat secara ekonomi yang memungkinkan kita membangun kekuatan di bidang lainnya; pertahanan keamanan, pendidikan, teknologi, dan lainnya, dan dengan kekuatan itu kita bisa tetap dapat menjaga keutuhan kita sebagai suatu bangsa.

Sidogori sebagai sebuah komunitas peduli lingkungan yang lahir dan bergerak di kabupaten Boyolali Jawa Tengah. Komunitas Sidogori mengadakan aksi peduli alam di Desa Ngenden Boyolali Jawa Tengah. Kegiatan yang dilakukan diantaranya adalah penebaran benih ikan, pemasangan plakat himbauan, serta pentas seni (20 -21/5/2017).

Kegiatan yang mengusung tema “Pelestarian Sumber Mata Air dan Sungai Area Pematang Sawah” tersebut dimeriahkan dengan pertunjukkan musik, puisi, teater dan tari. Pertunjukkan seni yang ditampilkan tidak hanya berasal dari komunitas, melainkan dari warga Desa Ngenden yang memiliki kemampuan seni.

Latarbelakang agenda Sidogiri adanya kebiasaan warga Ngenden yang buruk dalam menangkap ikan di sungai. Warga desa agraris ini gemar menangkap ikan dengan menggunakan daya sengat listrik dan racun. Penggunaan bahan berbahaya tersebut juga dapat menyebabkan ikan menjadi punah. Hal inilah yang memotivasi komunitas Sidogori untuk mengadakan penanaman benih ikan secara serempak.

Aksi peduli lingkungan juga diwujudkan dengan pemasangan plakat himbauan untuk tidak mengambil ikan dengan bahan dan peralatan berbahaya. Komunitas Sidogori juga mengadakan penanaman pohon beringin, yang dalam jangka panjangnya dapat digunakan sebagai daerah resapan.

Berita Lainnya