Beranda / Profil Desa / Sejarah Desa
Sejarah Desa

Desa Ngenden sebagai salah satu desa di Kecamatan Ampel memiliki sejarah yang cukup panjang bahkan jauh sebelum kemerdekaan Republik Indonesia. Sejarah Desa Ngenden tidak dapat dipisahkan dari sosok Kyai Sendi dan Kyai Ende. Konon nama Desa Ngenden berasal dari nama Kyai Sendi dan Kyai Ende.

Alkisah pada zaman dahulu kala hidup seorang pertapa yang datang dari daerah Senden datang ke daerah untuk ikut “babat alas” yang akan digunakan sebagai tempat tinggal dan di daerah tersebut telah ada seseorang yang telah terlebih dahulu membuka lahan untuk tanah perkampungan yakni Kyai Sendi. Beberapa tahun kemudian, sosok Kyai Sendi tersebut meninggal dan dimakamkan di daerah tersebut. Tempat diaman Kyai Sendi meninggal di namakan Sasono Loyo Makam Kyai Ende dan salah seorang tokoh pembuka desa lain dinamakan Sasono Makam Kyai Sendi. Sejak saat itulah tempat dimana kedua tokoh dimakamkan dinamakan Desa Ngenden.

Sampai saat ini jika ada kegiatan bersih desa harus dimulai dari makam Kyai Sendi terlebih dahulu baru kemudian ke makam Kyai Ende karena dipercaya lebih tua Kyai Sindi dibandingkan Kyai Ende karena Kyai Ende hanya tamu yang dimakamkan di tempat sasono loyo Kyai Ende.